Just another WordPress.com weblog

Olahraga

 Perang Doping Diseriusi

euro2008.jpg
Pada 12 dan 13 Maret, 16 peserta putaran final Euro 2008 mengikuti workshop di Wina. Salah satu agenda dari workshop tersebut adalah penandatanganan kesepakatan baru soal upaya UEFA memerangi doping.

UEFA tampak serius mengenyahkan doping dari Euro 2008. Kesepakatan baru itu untuk pertama kalinya mengizinkan dilakukannya pengujian sampel darah, yang akan melengkapi sampel urine, terhadap para pemain 16 peserta.

Sekitar 300 tes akan digelar sebelum dan selama turnamen berlangsung. Standar uji juga ditingkatkan. Identifikasi sampel kini meliputi obat perangsang darah EPO dan tes untuk pertumbuhan hormon yang tidak wajar.

“Kesepakatan ini menunjukkan niat semua asosiasi untuk ikut aktif memerangi doping,” ujar Presiden UEFA, Michel Platini, seperti dikutip situs resmi UEFA.

Dari 300 tes yang akan dilakukan, minimal 160 bakal digelar sebelum turnamen. Penguji akan mendatangi tim di masa awal pemusatan latihan atau saat tim sudah mulai berbasis di Austria-Swiss. Sampel akan dikirim ke WADA (Badan Anti-Doping Dunia) dan hasilnya disampaikan ke UEFA sebelum pertandingan pertama turnamen pada 7 Juni.

“WADA senang dengan keputusan UEFA yang ingin menyikapi perang melawan doping secara serius dan menyesuaikan diri dengan program-program dari kami,” ujar juru bicara WADA, Laurentino Dias, kepada situs Reuters Online.

Agenda Lain

Sebanyak 124 tes akan dilakukan selama turnamen digelar. Dua pemain dari masing-masing tim dipilih secara acak untuk diambil sampelnya usai pertandingan.

Sampel akan dianalisis dalam waktu hanya 48 jam sehingga hasilnya sudah bisa diketahui UEFA sebelum pertandingan berikut dari tim yang pemainnya diuji. Selama turnamen berlangsung, UEFA juga akan bekerja sama dengan NADO (Organisasi Anti-Doping Nasional di Austria).

Selain masalah memerangi doping, workshop di Wina juga membahas penjelasan peraturan turnamen, penjelasan masalah servis dan fasilitas yang tersedia untuk para peserta, aktivitas organisasi UEFA dan Euro 2008 SA, akomodasi, transportasi, akreditasi, lapangan, operasional pertandingan, pelayanan medis, televisi, dan bidang media.

Secara total, workshop diikuti 130 orang tamu. Tiap delegasi mengirim rata-rata delapan orang, termasuk presiden asosiasi nasional, sekretaris jenderal, pelatih kepala, pejabat urusan tiket, manajer, dan dokter tim. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: